Soal Nomor 1
Salah satu kompetensi dasar pada pembelajaran matematika di tingkat SMA adalah menganalisis sifat-sifat determinan dan invers matriks berordo $2 \times 2$ dan $3 \times 3$ Rumusan indikator yang sesuai dengan kompetensi dasar tersebut adalah sebagai berikut, kecuali ⋯
A. Menentukan adjoin matriks berordo $3 \times 3$
B. Mengidentifikasi matriks singular
C. Menentukan kofaktor matriks berordo $2 \times 2$
D. Menentukan minor matriks berordo $3 \times 3$
E. Memahami hubungan matriks identitas dengan invers matrik
Pembahasan
Soal Nomor 2
Pembahasan
Soal Nomor 3
Pembahasan
Soal Nomor 4
Pembahasan
Soal Nomor 5
Pembahasan:
Opsi A, B, dan D tidak sesuai dengan indikator karena soal telah menginformasikan panjang garis singgung persekutuan luar lingkarannya.Opsi C sesuai karena merupakan permasalahan kontekstual terkait perhitungan panjang garis singgung persekutuan luar lingkaran.Opsi E tidak sesuai karena soal hanya menuntut ingatan siswa mengenai pengertiannya, bukan perhitungan.
(Jawaban C)
$\begin{array}{|c|c|c|} \hline \text{Kompetensi} & \text{Capaian Pembelajaran} & \text{Indikator Esensial} \\ \hline \text{Pedagogik} & \text{Menata materi pembelajaran secara} & \text{Mengurutkan materi suatu topik} \\ & \text{benar sesuai dengan pendekatan yang} & \text{pembelajaran} \\ & \text{dipilih dan karakteristik peserta didik} & \\ \hline \end{array}$
Soal Nomor 6
Perhatikan langkah-langkah acak mengenai pembelajaran bentuk aljabar berikut.
1. Menginterpretasikan kalimat sehari-hari ke dalam bentuk matematika.
2. Mencontohkan bentuk aljabar.
3. Mengklasifikasikan bentuk aljabar.
4. Menentukan ciri bentuk aljabar.
5. Mendefinisikan bentuk aljabar.
6. Menyelesaikan permasalahan terkait bentuk aljabar.
Untuk membelajarkan konsep bentuk aljabar, urutan langkah yang dianjurkan adalah ⋯
A. 1 – 2 – 3 – 4 – 5 – 6
B. 1 – 2 – 5 – 3 – 4 – 6
C. 1 – 2 – 5 – 4 – 3 – 6
D. 5 – 1 – 2 – 4 – 3 – 6
E. 5 – 1 – 4 – 3 – 1 – 6
Pembahasan
(Jawaban C)
Soal Nomor 7
Pada materi bunga, pertumbuhan, dan peluruhan terdapat urutan materi sebagai berikut.
$\begin{aligned} & \text{X}-\text{Bunga Tunggal}-\text{Y}-\\&\text{Pertumbuhan}-\text{Z} \end{aligned}$
Pengganti $X Y, Z$ secara berturut-turut untuk melengkapi urutan materi tersebut adalah ⋯
A. Definisi bunga, bunga majemuk, peluruhan
B. Definisi bunga, peluruhan, bunga majemuk
C. Barisan aritmetika, barisan geometri, peluruhan
D. Barisan aritmetika, barisan geometri, bunga majemuk
E. Barisan aritmetika, barisan geometri, peluruhan
Pembahasan
Urutan materi yang sesuai adalah definisi bunga, kemudian bunga tunggal, bunga majemuk, pertumbuhan, dan terakhir, peluruhan.
(Jawaban A)
$\begin{array}{|c|c|c|} \hline \text{Kompetensi} & \text{Capaian Pembelajaran} & \text{Indikator Esensial} \\ \hline \text{Pedagogik} & \text{Menggunakan media pembelajaran dan} & \text{Menentukan media yang relevan} \\ & \text{sumber belajar yang relevan dengan} & \text{dengan tujuan pembelajaran} \\ & \text{karakteristik peserta didik dan mata} & \\ & \text{pelajaran yang diampu untuk mencapai} & \\ & \text{tujuan pembelajaran secara utuh} & \\ \hline \end{array}$
Soal Nomor 8
Diketahui tujuan suatu pembelajaran adalah “Melalui penugasan kelompok, diharapkan siswa dapat menemukan volume kerucut”. Media pembelajaran yang tepat untuk digunakan agar tujuan tersebut tercapai adalah ⋯
A. Kartu masalah yang berisi permasalahan yang berkaitan dengan volume kerucut
B. Tayangan PowerPoint yang berisi rumus volume kerucut beserta contoh soal perhitungannya
C. Alat peraga berbentuk kerucut, bola, dan pasir
D. Alat peraga berbentuk kerucut, tabung, dan pasir
E. Alat peraga berbentuk kerucut, balok, dan pasir⋅
Pembahasan
Opsi A dan B keduanya tidak memberikan kesempatan siswa untuk menemukan rumus, melainkan langsung menyodorkan rumus. Opsi C dan E tidak sesuai dengan konsep penemuan rumus volume kerucut. Volume kerucut ditemukan dari volume tabung, sehingga alat peraga yang dipakai harus meliputi kerucut, tabung, dan pasir.
(Jawaban D)
$\begin{array}{|c|c|c|} \hline \text{Kompetensi} & \text{Capaian Pembelajaran} & \text{Indikator Esensial} \\ \hline \text{Pedagogik} & \text{Mengambil keputusan transaksional} & \text{Memberikan kesempatan kepada} \\ & \text{dalam pembelajaran yang diampu} & \text{siswa untuk menanggapi} \\ & \text{sesuai dengan situasi yang berkembang} & \text{pertanyaan siswa lainnya} \\ \hline \end{array}$
Soal Nomor 9
Seorang siswa diberi kesempatan oleh guru untuk menyampaikan pendapatnya tentang suatu materi. Tindakan guru yang paling tepat sebelum siswa tersebut menyampaikan pendapatnya adalah ⋯
A. memberikan kesempatan kepada siswa lain untuk ikut berpendapat
B. meminta siswa lain untuk menyimak penyampaian pendapat siswa tersebut
C. mengharuskan pendapat yang disampaikan benar menurut pandangan guru
D. mengancam siswa lain agar bersiap-siap ketika ditunjuk menyampaikan pendapatnya juga
E. tidak melakukan apa-apa
Pembahasan
Sebelum siswa menyampaikan pendapat, guru harus memastikan bahwa siswa yang lain berperan sebagai pendengar yang baik (the good listener). Oleh karena itu, tindakan yang paling tepat adalah meminta siswa lain untuk menyimak penyampaian pendapat siswa tersebut.
(Jawaban B)
$\begin{array}{|c|c|c|} \hline \text{Kompetensi} & \text{Capaian Pembelajaran} & \text{Indikator Esensial} \\ \hline \text{Pedagogik} & \text{Mengambil keputusan transaksional} & \text{Memberikan}~\textit{scaffolding}~\text{sesuai} \\ & \text{dalam pembelajaran yang diampu} & \text{dengan kesulitan yang dialami} \\ & \text{sesuai dengan situasi yang berkembang} & \text{siswa} \\ \hline \end{array}$
Soal Nomor 10
Ketika kegiatan tanya jawab di kelas, beberapa siswa di kelas mengidentifikasi bahwa jajar genjang merupakan anggota dari himpunan trapesium. Langkah awal yang paling tepat dilakukan oleh guru untuk merespon hal ini adalah ⋯
A. bertanya kepada siswa mengenai syarat keanggotaan suatu himpunan
B. bertanya kepada siswa mengapa bukan trapesium yang menjadi anggota himpunan jajar genjang
C. bertanya kepada siswa mengenai pengertian jajar genjang dan trapesium
D. memberi tugas kepada siswa untuk menggambar jajar genjang dan trapesium
E. memberi tugas kepada siswa untuk menuliskan jajar genjang dan trapesium
Pembahasan
Untuk memberikan scaffolding sesuai dengan kesulitan yang dialami oleh siswa, guru pertama harus mengetahui sumber kesalahan jawaban siswa. Untuk mengetahuinya, guru dapat bertanya kepada siswa mengenai pengertian jajar genjang dan trapesium. Dalam hal ini, siswa juga menyebutkan ciri-ciri suatu bangun datar digolongkan sebagai jajar genjang atau trapesium, atau mungkin keduanya.
(Jawaban C)
Soal Nomor 11
Jawaban siswa ketika menjawab soal “Sederhanakan $\dfrac{3}{\sqrt3 + \sqrt5}$ adalah $\dfrac32\sqrt2$ Tindakan guru untuk mengatasi masalah tersebut sebaiknya dimulai dengan ⋯
A. menelepon orang tua untuk mendampingi belajar di rumah
B. memberikan cara/langkah menyelesaikan soal tersebut dengan benar
C. meminta untuk menuliskan langkah-langkah jawaban beserta alasannya
D. memberitahu jawaban akhir yang benar
E. memberikan pelajaran tambahan
Pembahasan
Untuk mengonfirmasi jawaban siswa, guru sebaiknya mengawalinya dengan meminta siswa tersebut menuliskan langkah-langkah jawaban beserta alasannya, sehingga apa yang ia tulis dapat lebih rinci dan dapat dipertanggungjawabkan. Guru juga dapat mendeteksi letak kesalahan yang mungkin terjadi pada langkah tertentu, sehingga diagnosis awal dapat dilakukan.
(Jawaban C)
$\begin{array}{|c|c|c|} \hline \text{Kompetensi} & \text{Capaian Pembelajaran} & \text{Indikator Esensial} \\ \hline \text{Pedagogik} & \text{Mengambil keputusan transaksional} & \text{Menangani perbedaan pendapat} \\ & \text{dalam pembelajaran yang diampu} & \text{siswa tentang suatu konsep tertentu} \\ & \text{sesuai dengan situasi yang berkembang} & \\ \hline \end{array}$
Soal Nomor 12
Pada saat berdiskusi tentang banyaknya rusuk pada kubus, kerucut, dan tabung, ternyata banyak siswa yang berbeda pendapat tentang banyaknya rusuk tabung dan kerucut. Setelah dianalisis, kesalahan mereka dikarenakan berbeda dalam memahami konsep rusuk dalam bangun ruang tersebut. Tindakan yang sesuai untuk menangani perbedaan siswa dalam memahami konsep tersebut adalah
⋯
A. siswa diminta mengamati benda riil yang berbentuk kubus, tabung, dan kerucut untuk menghitung banyaknya rusuk
B. siswa diminta mengamati gambar kubus, tabung, dan kerucut untuk menentukan banyaknya rusuk
C. siswa diminta mengamati alat peraga dan gambar yang berbentuk kubus, tabung, dan kerucut untuk memikirkan apa yang dinamakan rusuk
D. siswa diminta membandingkan banyak rusuk balok dan kubus
E. guru menjelaskan banyaknya rusuk kubus, tabung, dan kerucut yang sebenarnya.
Pembahasan
Saat siswa mempunyai perbedaan pendapat mengenai konsep tertentu, penanganannya adalah menutup sumber penyebab terjadinya miskonsepsi. Pengertian rusuk bagi siswa adalah garis yang membatasi dua bidang, sehingga kerucut dipandang memiliki dua rusuk, karena memiliki dua garis (yang dikenal sebagai garis pelukis). Tindakan yang perlu dilakukan adalah guru harus menegaskan kembali pengertian rusuk melalui bantuan alat peraga dan gambar.
(Jawaban C)
$\begin{array}{|c|c|c|} \hline \text{Kompetensi} & \text{Capaian Pembelajaran} & \text{Indikator Esensial} \\ \hline \text{Pedagogik} & \text{Menyediakan berbagai kegiatan} & \text{Menentukan kegiatan pembelajaran} \\ & \text{pembelajaran untuk mendorong peserta} & \text{yang memotivasi siswa berprestasi} \\ & \text{didik mencapai prestasi secara optimal} & \text{sesuai dengan materi} \\ \hline \end{array}$
Soal Nomor 13
Kegiatan-kegiatan pembelajaran berikut ini yang dapat memotivasi siswa untuk berprestasi sesuai dengan materi yang sedang dipelajari adalah ⋯
A. memberikan hadiah (reward) bagi yang berprestasi
B. menjelaskan cara belajar agar berprestasi
C. memberikan hukuman (punishment) bagi yang tidak berprestasi
D. memberitahukan manfaat materi yang dipelajari
E. menjelaskan materi dan memberikan contoh soal yang banyak
Pembahasan
Faktor intrinsik yang mengakibatkan siswa termotivasi mempelajari suatu materi adalah siswa tersebut merasakan pembelajarannya bermakna. Oleh karena itu, kegiatan pembelajaran yang selaras dengan hal ini adalah memberitahu manfaat/penerapan materi yang dipelajari.
(Jawaban D)
$\begin{array}{|c|c|c|} \hline \text{Kompetensi} & \text{Capaian Pembelajaran} & \text{Indikator Esensial} \\ \hline \text{Pedagogik} & \text{Memahami prinsip-prinsip penilaian} & \text{Menentukan soal yang valid} \\ & \text{dan evaluasi dari proses dan hasil} & \text{sesuai dengan indikator yang} \\ & \text{belajar sesuai dengan karakteristik} & \text{diberikan} \\ & \text{mata pelajaran yang diampu} & \\ \hline \end{array}$
EmoticonEmoticon