-->

Soal dan Pembahasan – Asesmen Kompetensi Guru (AKG) Ranah Kompetensi Pedagogik

- 22.39


Berikut ini merupakan soal dan pembahasan mengenai Asesmen Kompetensi Guru (AKG) pada ranah kompetensi pedagogik. Setiap soal telah disertakan capaian pembelajaran dan indikator esensial yang berpadanan sebagai tolak ukur asesmen. Semoga bermanfaat.


Soal Nomor 1

Salah satu kompetensi dasar pada pembelajaran matematika di tingkat SMA adalah menganalisis sifat-sifat determinan dan invers matriks berordo $2 \times 2$ dan $3 \times 3$  Rumusan indikator yang sesuai dengan kompetensi dasar tersebut adalah sebagai berikut, kecuali ⋯

A. Menentukan adjoin matriks berordo $3 \times 3$

B. Mengidentifikasi matriks singular

C. Menentukan kofaktor matriks berordo $2 \times 2$

D. Menentukan minor matriks berordo $3 \times 3$

E. Memahami hubungan matriks identitas dengan invers matrik

Pembahasan

Salah satu ketentuan merumuskan indikator adalah minimal terdiri dari dua aspek, yaitu tingkat kompetensi dan materi pelajaran. Semua pilihan jawaban sudah memenuhi kedua aspek ini, kecuali opsi C. Kofaktor matriks dibicarakan pada matriks berordo $3 \times 3$, bukan matriks berordo $2 \times 2$.
$(Jawaban C)$


$\begin{array}{|c|c|c|} \hline \text{Kompetensi} & \text{Capaian Pembelajaran} & \text{Indikator Esensial} \\ \hline \text{Pedagogik} & \text{Menetapkan materi, proses, sumber} & \text{Menentukan materi yang sesuai} \\ & \text{media, penilaian, dan evaluasi} & \text{dengan indikator} \\ & \text{pembelajaran matematika} & \\ \hline \end{array}$

Soal Nomor 2

Salah satu indikator dari suatu kompetensi dasar pada pembelajaran geometri adalah menjelaskan panjang sisi suatu segitiga berdasarkan kesebangunan dua segitiga. Materi yang paling sesuai untuk mencapai indikator tersebut adalah ⋯

A. Syarat kesebangunan dua segitiga
B. Pengertian kesebangunan dua segitiga  
C. Ciri-ciri kesebangunan dua segitiga
D. Perbandingan panjang sisi-sisi dua segitiga yang sebangun
E. Perbandingan sudut-sudut dua segitiga yang sebangun

Pembahasan

Untuk bisa menjelaskan panjang sisi suatu segitiga berdasarkan kesebangunan dua segitiga, siswa tidak cukup hanya mengetahui pengertian, syarat, dan ciri-ciri kesebangunan dua segitiga, melainkan juga harus mengetahui perbandingan panjang sisi-sisi dua segitiga yang sebangun. Opsi E tidak sesuai karena konteks pembicaraan kita adalah panjang sisi, bukan besar sudut.
(Jawaban D)

$\begin{array}{|c|c|c|} \hline \text{Kompetensi} & \text{Capaian Pembelajaran} & \text{Indikator Esensial} \\ \hline \text{Pedagogik} & \text{Menetapkan materi, proses, sumber} & \text{Menentukan media yang sesuai} \\ & \text{media, penilaian, dan evaluasi} & \text{dengan indikator} \\ & \text{pembelajaran matematika} & \\ \hline \end{array}$

Soal Nomor 3

Salah satu indikator dari materi sistem koordinat ialah menentukan kedudukan garis yang sejajar dengan sumbu-$X$. Media yang paling sesuai untuk digunakan dalam pembelajaran agar indikator tersebut tercapai adalah

A. Slide PowerPoint dengan gambar bidang koordinat dan sebuah garis yang melalui titik $(2,0)$
B. Video pembelajaran yang menampilkan garis yang sejajar dengan sumbu-$Y$
C. Papan dengan koordinat dan paku sebagai titik-titiknya, serta seutas benang dengan posisi tegak lurus terhadap sumbu-$Y$
D. Lembar kerja terstruktur tentang tempat kedudukan titik pada bidang koordinat
E. Kertas manila yang terdapat gambar bidang koordinat dan sebuah garis yang melalui titik $(0,5)$ dan $(3,0)$.

Pembahasan

Opsi A tidak sesuai karena garis yang melalui titik $(2,0)$ belum tentu memiliki hubungan dengan kesejajaran garis terhadap sumbu-$X$.
Opsi B tidak sesuai karena yang harusnya ditampilkan adalah kesejajaran garis terhadap sumbu-X.
Opsi C sesuai karena benang yang tegak lurus sumbu-Y sama saja mengindikasikan kesejajaran garis terhadap sumbu-$X$.
Opsi D tidak sesuai karena yang dibahas adalah tempat kedudukan titik, bukan garis.
Opsi E tidak sesuai karena garis yang melalui titik (0,5) dan (3,0) tidak mengindikasikan kesejajaran garis terhadap sumbu-$X$.
(Jawaban C)

Soal Nomor 4

Media yang paling tepat untuk membantu siswa mencapai indikator kompetensi “Menentukan himpunan penyelesaian suatu pertidaksamaan rasional” adalah ⋯⋅
A. Video yang memuat demonstrasi langkah-langkah penyelesaian suatu pertidaksamaan rasional
B. Buku siswa yang memuat langkah-langkah penyelesaian suatu pertidaksamaan rasional
C. Papan tulis dinamis yang memuat langkah-langkah penyelesaian suatu pertidaksamaan rasional
D. Tayangan PowerPoint yang memuat langkah-langkah penyelesaian suatu pertidaksamaan rasional
E. Hand-out yang memuat langkah-langkah penyelesaian suatu pertidaksamaan rasional.


Pembahasan

Media yang paling tepat digunakan adalah papan tulis dinamis. Dengan menggunakan papan tulis, guru dapat menjelaskan langkah demi langkah penyelesaian disertai dengan penjelasan secara audio. Siswa juga lebih dapat mengerti karena setiap langkah ditulis secara perlahan-lahan oleh guru.
(Jawaban C)

$\begin{array}{|c|c|c|} \hline \text{Kompetensi} & \text{Capaian Pembelajaran} & \text{Indikator Esensial} \\ \hline \text{Pedagogik} & \text{Menetapkan materi, proses, sumber} & \text{Menentukan evaluasi yang sesuai} \\ & \text{media, penilaian, dan evaluasi} & \text{dengan indikator} \\ & \text{pembelajaran matematika} & \\ \hline \end{array}$


Soal Nomor 5

Diketahui suatu indikator tentang menghitung panjang garis singgung persekutuan luar dua lingkaran. Soal berikut yang paling tepat untui mengukur ketercapaian indikator tersebut adalah 

A. Panjang garis singgung persekutuan luar dua buah lingkaran adalah $12$cm dan jarak kedua pusatnya $13$cm.  Jika panjang jari-jari salah satu lingkaran adalah 8 cm, maka luas lingkaran yang lain adalah ⋯
B. Diketahui dua buah lingkaran dengan pusat di $A$ dan $B$, masing-masing berjari-jari $34$ cm dan $10$ cm. Garis $CD$ merupakan garis singgung Persekutuan luar. Bila $CD=32$ cm, maka panjang $AB$ adalah⋯
C. Delapan buah roda disusun berbaris dan dililit dengan tali. Jika tiap roda tersebut berdiameter $14$ cm, tentukan panjang tali minimum yang melilit roda-roda tersebut.
D. Panjang jari-jari dua lingkaran adalah $29$ cm dan $14$ cm. Panjang garis singgung persekutuan luarnya $36$ cm. Hitung jarak pusat kedua lingkaran.
E. Apakah yang dimaksud dengan garis singgung persekutuan luar lingkaran?

Pembahasan:

Opsi A, B, dan D tidak sesuai dengan indikator karena soal telah menginformasikan panjang garis singgung persekutuan luar lingkarannya.Opsi C sesuai karena merupakan permasalahan kontekstual terkait perhitungan panjang garis singgung persekutuan luar lingkaran.Opsi E tidak sesuai karena soal hanya menuntut ingatan siswa mengenai pengertiannya, bukan perhitungan.

(Jawaban C)

$\begin{array}{|c|c|c|} \hline \text{Kompetensi} & \text{Capaian Pembelajaran} & \text{Indikator Esensial} \\ \hline \text{Pedagogik} & \text{Menata materi pembelajaran secara} & \text{Mengurutkan materi suatu topik} \\ & \text{benar sesuai dengan pendekatan yang} & \text{pembelajaran} \\ & \text{dipilih dan karakteristik peserta didik} & \\ \hline \end{array}$


Soal Nomor 6

Perhatikan langkah-langkah acak mengenai pembelajaran bentuk aljabar berikut.

1. Menginterpretasikan kalimat sehari-hari ke dalam bentuk matematika.

2. Mencontohkan bentuk aljabar.

3. Mengklasifikasikan bentuk aljabar.

4. Menentukan ciri bentuk aljabar.

5. Mendefinisikan bentuk aljabar.

6. Menyelesaikan permasalahan terkait bentuk aljabar.

Untuk membelajarkan konsep bentuk aljabar, urutan langkah yang dianjurkan adalah ⋯

A. 1 – 2 – 3 – 4 – 5 – 6

B. 1 – 2 – 5 – 3 – 4 – 6

C. 1 – 2 – 5 – 4 – 3 – 6

D. 5 – 1 – 2 – 4 – 3 – 6

E. 5 – 1 – 4 – 3 – 1 – 6

Pembahasan

Mengacu pada prinsip pembelajaran menurut Kurikulum 2013 bahwa pembelajaran hendaknya berbasis proses untuk penguatan ilmiah, maka urutan yang paling tepat adalah sebagai berikut. Pertama, guru mengambil permasalahan dalam sehari-hari, kemudian memodelkannya dalam bentuk aljabar. Berikutnya, guru memberi contoh-contoh bentuk aljabar, diikuti dengan pendefinisian. Sebagai penguatan konsep, guru menjelaskan ciri bentuk aljabar dan mengklasifikasikan bentuk aljabar. Terakhir, bentuk aljabar digunakan untuk menyelesaikan permasalahan yang ada.

(Jawaban C)

$\begin{array}{|c|c|c|} \hline \text{Kompetensi} & \text{Capaian Pembelajaran} & \text{Indikator Esensial} \\ \hline \text{Pedagogik} & \text{Menata materi pembelajaran secara} & \text{Melengkapi urutan materi suatu} \\ & \text{benar sesuai dengan pendekatan yang} & \text{topik pembelajaran} \\ & \text{dipilih dan karakteristik peserta didik} & \\ \hline \end{array}$


Soal Nomor 7

Pada materi bunga, pertumbuhan, dan peluruhan terdapat urutan materi sebagai berikut.

$\begin{aligned} & \text{X}-\text{Bunga Tunggal}-\text{Y}-\\&\text{Pertumbuhan}-\text{Z} \end{aligned}$

Pengganti $X Y, Z$ secara berturut-turut untuk melengkapi urutan materi tersebut adalah 

A. Definisi bunga, bunga majemuk, peluruhan

B. Definisi bunga, peluruhan, bunga majemuk

C. Barisan aritmetika, barisan geometri, peluruhan

D. Barisan aritmetika, barisan geometri, bunga majemuk

E. Barisan aritmetika, barisan geometri, peluruhan


Pembahasan

Urutan materi yang sesuai adalah definisi bunga, kemudian bunga tunggal, bunga majemuk, pertumbuhan, dan terakhir, peluruhan.

(Jawaban A)


$\begin{array}{|c|c|c|} \hline \text{Kompetensi} & \text{Capaian Pembelajaran} & \text{Indikator Esensial} \\ \hline \text{Pedagogik} & \text{Menggunakan media pembelajaran dan} & \text{Menentukan media yang relevan} \\ & \text{sumber belajar yang relevan dengan} & \text{dengan tujuan pembelajaran} \\ & \text{karakteristik peserta didik dan mata} & \\ & \text{pelajaran yang diampu untuk mencapai} & \\ & \text{tujuan pembelajaran secara utuh} & \\ \hline \end{array}$


Soal Nomor 8

Diketahui tujuan suatu pembelajaran adalah “Melalui penugasan kelompok, diharapkan siswa dapat menemukan volume kerucut”. Media pembelajaran yang tepat untuk digunakan agar tujuan tersebut tercapai adalah 

A. Kartu masalah yang berisi permasalahan yang berkaitan dengan volume kerucut

B. Tayangan PowerPoint yang berisi rumus volume kerucut beserta contoh soal perhitungannya

C. Alat peraga berbentuk kerucut, bola, dan pasir

D. Alat peraga berbentuk kerucut, tabung, dan pasir

E. Alat peraga berbentuk kerucut, balok, dan pasir

Pembahasan

Opsi A dan B keduanya tidak memberikan kesempatan siswa untuk menemukan rumus, melainkan langsung menyodorkan rumus. Opsi C dan E tidak sesuai dengan konsep penemuan rumus volume kerucut. Volume kerucut ditemukan dari volume tabung, sehingga alat peraga yang dipakai harus meliputi kerucut, tabung, dan pasir.

(Jawaban D)

$\begin{array}{|c|c|c|} \hline \text{Kompetensi} & \text{Capaian Pembelajaran} & \text{Indikator Esensial} \\ \hline \text{Pedagogik} & \text{Mengambil keputusan transaksional} & \text{Memberikan kesempatan kepada} \\ & \text{dalam pembelajaran yang diampu} & \text{siswa untuk menanggapi} \\ & \text{sesuai dengan situasi yang berkembang} & \text{pertanyaan siswa lainnya} \\ \hline \end{array}$


Soal Nomor 9

Seorang siswa diberi kesempatan oleh guru untuk menyampaikan pendapatnya tentang suatu materi. Tindakan guru yang paling tepat sebelum siswa tersebut menyampaikan pendapatnya adalah 

A. memberikan kesempatan kepada siswa lain untuk ikut berpendapat

B. meminta siswa lain untuk menyimak penyampaian pendapat siswa tersebut

C. mengharuskan pendapat yang disampaikan benar menurut pandangan guru

D. mengancam siswa lain agar bersiap-siap ketika ditunjuk menyampaikan pendapatnya juga

E. tidak melakukan apa-apa

Pembahasan

Sebelum siswa menyampaikan pendapat, guru harus memastikan bahwa siswa yang lain berperan sebagai pendengar yang baik (the good listener). Oleh karena itu, tindakan yang paling tepat adalah meminta siswa lain untuk menyimak penyampaian pendapat siswa tersebut.

(Jawaban B)

$\begin{array}{|c|c|c|} \hline \text{Kompetensi} & \text{Capaian Pembelajaran} & \text{Indikator Esensial} \\ \hline \text{Pedagogik} & \text{Mengambil keputusan transaksional} & \text{Memberikan}~\textit{scaffolding}~\text{sesuai} \\ & \text{dalam pembelajaran yang diampu} & \text{dengan kesulitan yang dialami} \\ & \text{sesuai dengan situasi yang berkembang} & \text{siswa} \\ \hline \end{array}$


Soal Nomor 10

Ketika kegiatan tanya jawab di kelas, beberapa siswa di kelas mengidentifikasi bahwa jajar genjang merupakan anggota dari himpunan trapesium. Langkah awal yang paling tepat dilakukan oleh guru untuk merespon hal ini adalah 

A. bertanya kepada siswa mengenai syarat keanggotaan suatu himpunan

B. bertanya kepada siswa mengapa bukan trapesium yang menjadi anggota himpunan jajar genjang

C. bertanya kepada siswa mengenai pengertian jajar genjang dan trapesium

D. memberi tugas kepada siswa untuk menggambar jajar genjang dan trapesium

E. memberi tugas kepada siswa untuk menuliskan jajar genjang dan trapesium

Pembahasan

Untuk memberikan scaffolding sesuai dengan kesulitan yang dialami oleh siswa, guru pertama harus mengetahui sumber kesalahan jawaban siswa. Untuk mengetahuinya, guru dapat bertanya kepada siswa mengenai pengertian jajar genjang dan trapesium. Dalam hal ini, siswa juga menyebutkan ciri-ciri suatu bangun datar digolongkan sebagai jajar genjang atau trapesium, atau mungkin keduanya.

(Jawaban C)


Soal Nomor 11

Jawaban siswa ketika menjawab soal “Sederhanakan $\dfrac{3}{\sqrt3 + \sqrt5}adalah $\dfrac32\sqrt2Tindakan guru untuk mengatasi masalah tersebut sebaiknya dimulai dengan 

A. menelepon orang tua untuk mendampingi belajar di rumah

B. memberikan cara/langkah menyelesaikan soal tersebut dengan benar

C. meminta untuk menuliskan langkah-langkah jawaban beserta alasannya

D. memberitahu jawaban akhir yang benar

E. memberikan pelajaran tambahan

Pembahasan

Untuk mengonfirmasi jawaban siswa, guru sebaiknya mengawalinya dengan meminta siswa tersebut menuliskan langkah-langkah jawaban beserta alasannya, sehingga apa yang ia tulis dapat lebih rinci dan dapat dipertanggungjawabkan. Guru juga dapat mendeteksi letak kesalahan yang mungkin terjadi pada langkah tertentu, sehingga diagnosis awal dapat dilakukan.

(Jawaban C)

$\begin{array}{|c|c|c|} \hline \text{Kompetensi} & \text{Capaian Pembelajaran} & \text{Indikator Esensial} \\ \hline \text{Pedagogik} & \text{Mengambil keputusan transaksional} & \text{Menangani perbedaan pendapat} \\ & \text{dalam pembelajaran yang diampu} & \text{siswa tentang suatu konsep tertentu} \\ & \text{sesuai dengan situasi yang berkembang} & \\ \hline \end{array}$


Soal Nomor 12

Pada saat berdiskusi tentang banyaknya rusuk pada kubus, kerucut, dan tabung, ternyata banyak siswa yang berbeda pendapat tentang banyaknya rusuk tabung dan kerucut. Setelah dianalisis, kesalahan mereka dikarenakan berbeda dalam memahami konsep rusuk dalam bangun ruang tersebut. Tindakan yang sesuai untuk menangani perbedaan siswa dalam memahami konsep tersebut adalah 

A. siswa diminta mengamati benda riil yang berbentuk kubus, tabung, dan kerucut untuk menghitung banyaknya rusuk

B. siswa diminta mengamati gambar kubus, tabung, dan kerucut untuk menentukan banyaknya rusuk

C. siswa diminta mengamati alat peraga dan gambar yang berbentuk kubus, tabung, dan kerucut untuk memikirkan apa yang dinamakan rusuk

D. siswa diminta membandingkan banyak rusuk balok dan kubus

E. guru menjelaskan banyaknya rusuk kubus, tabung, dan kerucut yang sebenarnya.


Pembahasan

Saat siswa mempunyai perbedaan pendapat mengenai konsep tertentu, penanganannya adalah menutup sumber penyebab terjadinya miskonsepsi. Pengertian rusuk bagi siswa adalah garis yang membatasi dua bidang, sehingga kerucut dipandang memiliki dua rusuk, karena memiliki dua garis (yang dikenal sebagai garis pelukis). Tindakan yang perlu dilakukan adalah guru harus menegaskan kembali pengertian rusuk melalui bantuan alat peraga dan gambar.

(Jawaban C)


$\begin{array}{|c|c|c|} \hline \text{Kompetensi} & \text{Capaian Pembelajaran} & \text{Indikator Esensial} \\ \hline \text{Pedagogik} & \text{Menyediakan berbagai kegiatan} & \text{Menentukan kegiatan pembelajaran} \\ & \text{pembelajaran untuk mendorong peserta} & \text{yang memotivasi siswa berprestasi} \\ & \text{didik mencapai prestasi secara optimal} & \text{sesuai dengan materi} \\ \hline \end{array}$


Soal Nomor 13

Kegiatan-kegiatan pembelajaran berikut ini yang dapat memotivasi siswa untuk berprestasi sesuai dengan materi yang sedang dipelajari adalah ⋯

A. memberikan hadiah (reward) bagi yang berprestasi

B. menjelaskan cara belajar agar berprestasi

C. memberikan hukuman (punishment) bagi yang tidak berprestasi

D. memberitahukan manfaat materi yang dipelajari

E. menjelaskan materi dan memberikan contoh soal yang banyak

Pembahasan

Faktor intrinsik yang mengakibatkan siswa termotivasi mempelajari suatu materi adalah siswa tersebut merasakan pembelajarannya bermakna. Oleh karena itu, kegiatan pembelajaran yang selaras dengan hal ini adalah memberitahu manfaat/penerapan materi yang dipelajari.

(Jawaban D)

$\begin{array}{|c|c|c|} \hline \text{Kompetensi} & \text{Capaian Pembelajaran} & \text{Indikator Esensial} \\ \hline \text{Pedagogik} & \text{Memahami prinsip-prinsip penilaian} & \text{Menentukan soal yang valid} \\ & \text{dan evaluasi dari proses dan hasil} & \text{sesuai dengan indikator yang} \\ & \text{belajar sesuai dengan karakteristik} & \text{diberikan} \\ & \text{mata pelajaran yang diampu} & \\ \hline \end{array}$



EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search