-->

Cara Uji Homogenitas dengan SPSS (Levene Test)

- 21.37
Uji homogenitas adalah suatu uji yang dilakukan untuk mengetahui bahwa dua atau lebih kelompok data sampel berasal dari populasi yang memiliki varians sama (homogen). Dalam buku yang ditulis Sudjana (2005:250), uji homogenitas dapat dilakukan dengan uji levene, fisher atau uji bartlett. Pengujian ini merupakan persyaratan sebelum melakukan pengujian lain, misalnya T Test dan Anova. Pengujian ini digunakan untuk meyakinkan bahwa kelompok data memang berasal dari sampel yang sama.
Uji Levene merupakan metode pengujian homogenitas varians yang hampir sama dengan uji Bartlett. Perbedaan uji Levene dengan uji Bartlett yaitu bahwa data yang diuji dengan uji Levene tidak harus berdistribusi normal, namun harus kontinu.

A. Penentuan Homogenitas Data
Data yang dilakukan pengujian dikatakan homogen berdasarkan nilai signifikansinya.

Nilai signifikansi (p) ≥ 0.05 menunjukkan kelompok data berasal dari populasi yang memiliki varians yang sama (homogen)
Nilai signifikansi (p) < 0.05 menunjukkan masing-masing kelompok data berasal dari populasi dengan varians yang berbeda (tidak homogen)
B. Cara Uji Homogenitas SPSS
Pada artikel ini dijelaskan cara melakukan uji homogenitas berdasarkan penelitian yang dilakukan "I Kadek Gunawan" dari IKIP PGRI Bali terkait "Peningkatan Kekuatan Otot Kelompok Kontrol Tanpa Pelatihan dan Kelompok Perlakuan dengan Pelatihan Angkat Dumbell"

Data berisi 3 variabel yaitu Nama (Nominal String), Tes_awal (Scale Numerik), dan Tes_akhir (Scale Numerik) yang terdiri dari 15 sampel kontrol dan 15 sampel perlakuan. Dilakukan uji homogenitas pada data Tes_awal dan Tes_akhir untuk memastikan data kedua kelompok berasal dari populasi yang sama.

Langkah-langkah uji homogenitas SPSS:

1. Klik Compare Means > One-Way ANOVA..
perintah uji homogenitas spss

2. Masukkan variabel yang diujikan pada kolom Dependent List:
Pada contoh Dependent Test: Tes_awal dan Tes_akhir.

3. Masukan variabel yang membedakan kelompok ke kolom Factor
Kolom Factor diisi dengan variabel kriteria yang membedakan kelompok data, misalnya pada contoh dibedakan dengan kelompok kontrol dan kelompok perlakuan.

Pada contoh Factor: Tipe Responden.

4. Klik Options... lalu centang Homogeneity of variance test
Klik OK
Hasil analisis ditampilkan pada jendela output

C. Cara Membaca Uji Homogenitas SPSS
hasil uji homogenitas

Homogenitas variabel Tes Awal
Signifikansi homogenitas 0.151 (≥0.05) menunjukkan variabel Tes Awal pada kelompok perlakuan dan kontrol adalah homogen, dengan Levene Statistic 2.184.

Homogenitas variabel Tes Akhir
Signifikansi homogenitas 0.112 (≥0.05) menunjukkan variabel Tes Akhir pada kelompok perlakuan dan kontrol adalah homogen, dengan Levene Statistic 2.688.

Kontributor Materi: Irin (Peningkatan Kualitas Artikel)


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search