-->

Sejarah Tahun Baru

- 23.48

Hallo sobat asripedia, salam semangat untuk kita semua. Tidak terasa ya kita sudah di penghujung Tahun 2020, sudah tercium bau kembang api walaupun ini masih di Bulan November akhir. :D 

Sobat sudah pada tahu belum ternyata Tahun Baru itu ada sejarahnya lhoo... Yuk disimak...


Perayaan Tahun Baru bukanlah yang baru. Sejarah Tahun Baru menunjukkan bahwa perayaan ini telah terjadi selama ribuan tahun hingga 2020 hari ini. Asal mula Tahun Baru dimulai dari Mesopotamia.

Berdasarkan catatan historis, perayaan Tahun Baru terjadi di Mesopotamia pada tahun 2000 sebelum Masehi. Mesopotamia adalah peradaban tertua di dunia, terletak di antara dua sungai besar, agen dan tigris, yang sekarang dikenal sebagai Irak.

Orang-orang Romawi awalnya menggunakan 1 Maret sebagai Hari Tahun Baru. Budaya lain menggunakan titik balik Equinox atau musim dingin untuk menandai tahun baru. Beberapa perayaan dan ibadat dilakukan untuk menyambut tahun baru dalam periode ini.


Barulah pada tahun 1582, ketika Gereja Katolik Roma mengadopsi kalender Gregorian, perayaan tahun baru mengalami perubahan pada 1 Januari. Tanda kalender Gregorian pada 1 Januari sebagai tahun baru. Januari diambil dari nama Janus, Dewa dengan dua wajah, seseorang menantikan dan sekali lagi melihat ke belakang.


Dari berbagai tradisi dan adorasi, makna Tahun Baru terus berubah. Banyak orang mulai membuat resolusi untuk mengubah kebiasaan buruk dan memulai kebiasaan yang baik.

Seperti, Persia kuno yang memberikan hadiah telur selama tahun baru. Tradisi ini melambangkan produktivitas yang berkembang di tahun baru.

Tahun Baru juga digunakan sebagai momen untuk meminta keberuntungan di tahun depan. Di Amerika Serikat ada tradisi makan kacang polong hitam sebagai harapan untuk tahun baru.


Pada 1788 lagu tradisional, Auld Lang Syne dinyanyikan pada Malam Tahun Baru. Lagu itu berarti bahwa waktu ditulis  oleh penyair Skotlandia, Robert Burns didasarkan pada cerita rakyat yang berkembang pada waktu itu.

Perayaan di pusat kota yang berlangsung sampai sejauh ini dimulai dari Times Square, New York. Perayaan diatas atap berlangsung pada tahun 1904 untuk meresmikan kantor baru, Times Square. Perayaan ini dilengkapi dengan kembang api.
Pada tahun 1907, perayaan Tahun Baru diadakan dengan jatuhnya bola pertama di One Times Square pada tanggal 31 Desember 1907.

Pada tahun 1942 dan 1943, penurunan bola ditunda karena Perang Dunia. Pada saat itu, kerumunan merayakan tahun baru dengan keheningan, diikuti oleh lonceng yang berdering dari sebuah truk.

Saat ini, perayaan Tahun Baru dilakukan dengan semeriah mungkin. Dari pesta terompet, kembang api, dan petasan. Asal dan sejarah Tahun Baru mengalami banyak perubahan sejak dirayakan untuk pertama kalinya.

Demikian sobat asripedia semoga bermanfaat..


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search