-->

Tips optimalkan video Anda agar mudah ditemukan di YouTube

- 21.10

Semua video yang diupload ke YouTube harus mematuhi Persyaratan Layanan dan Pedoman Komunitas YouTube. Beberapa konten yang dapat diterima untuk YouTube mungkin tidak pantas untuk iklan Google. Pedoman konten yang cocok untuk pengiklan memberikan panduan tambahan tentang cara YouTube memutuskan untuk menayangkan iklan di konten Anda.

Tujuan sistem penelusuran dan penemuan YouTube ada dua, yaitu untuk membantu penonton menemukan video yang ingin ditonton, dan memaksimalkan interaksi dan kepuasan penonton dalam jangka panjang. Anda dapat menggunakan tips di bawah ini untuk mengoptimalkan video agar mudah ditemukan.

Buat judul dan thumbnail yang deskriptif serta akurat

Thumbnail dan judul video Anda adalah hal pertama yang dilihat penonton saat video Anda disarankan kepada mereka. Gunakan tips berikut untuk membuat konten yang menarik:


  • Gunakan judul yang menarik untuk video dan mewakili isi konten secara akurat.
  • Buat thumbnail yang mewakili isi konten secara akurat.
  • Untuk menjangkau penonton global, pertimbangkan untuk menerjemahkan judul, deskripsi, dan teks dengan meminta komunitas Anda untuk menambahkan subtitel.

Hindari penggunaan judul dan thumbnail yang menyesatkan, clickbait, atau mengundang sensasi

Meskipun beberapa kreator dapat menggunakan metode ini untuk mendorong klik dan Waktu Tonton, masukan penonton dan data performa platform menunjukkan bahwa metode ini dapat membuat calon penonton baru meninggalkan channel Anda, dan keluar dari YouTube.


Tujuan kami adalah untuk membantu penonton menemukan video yang ingin ditonton dan memaksimalkan interaksi jangka panjang dan kepuasan mereka. Judul dan thumbnail yang menyesatkan, clickbait, dan mengundang sensasi akan memengaruhi kepuasan dan interaksi penonton. Penonton dapat dan sering melaporkan video yang menyesatkan, clickbait, dan sensasional. Kami melihat laporan ini dan juga sejumlah sinyal lain dari penonton, termasuk: retensi penonton, suka dan tidak suka, dan masukan penonton untuk membantu menyempurnakan rekomendasi kami. Video cenderung tidak direkomendasikan kepada penonton baru jika judul dan thumbnail-nya:


  • Menipu atau menyesatkan: Tidak mewakili isi konten video.
  • Menghebohkan: Termasuk bahasa yang menyinggung atau berlebihan.
  • Menjijikkan: Berisi gambar yang menunjukkan kejorokan atau menjijikkan.
  • Kekerasan yang mencolok: Sengaja mempromosikan kekerasan atau pelecehan.
  • Tidak senonoh: Mengimplikasikan tindakan yang menjurus ke arah seksual atau tindakan cabul.
  • Bernada keras: Menggunakan HURUF BESAR SEMUA atau !!!!! untuk terlalu menekankan judul.

Misalnya: Katakanlah Anda memiliki video untuk menyampaikan pendapat tentang sebuah peristiwa tragis. Anda tentu tidak ingin menggunakan bahasa yang menyinggung dalam huruf besar sebagai judul dan deskripsi. Selain itu, jangan menggunakan thumbnail gambar eksplisit yang dimaksudkan untuk menghebohkan atau menyinggung. Untuk tips dan contoh lainnya, lihat pelajaran Akademi Kreator ini.


 Gunakan berbagai teknik video yang membuat penonton tetap setia

  • Jadilah editor yang efektif: Buat pembukaan video yang menarik, lalu gunakan teknik pemrograman, branding, dan pengemasan untuk menjaga serta mengembangkan minat penonton di seluruh video.
  • Bangun basis subscriber: Subscriber adalah penggemar Anda yang paling setia, dan mereka akan menerima notifikasi terkait video dan playlist baru untuk ditonton.
  • Jalin interaksi dengan penonton: Libatkan penonton dalam video dan dorong mereka untuk memberi komentar, serta berinteraksilah dengan penonton sebagai bagian dari konten.

Atur & buat program untuk konten Anda

  • Bentuk sesi waktu tonton yang panjang pada konten dengan mengatur dan menampilkan konten unggulan di channel Anda, termasuk menggunakan playlist bersambung.
  • Buat jadwal rilis reguler untuk video Anda saat mengupload, guna mendorong penonton agar menonton kumpulan video, dan bukan hanya satu video. Anda bahkan dapat menjadwalkan waktu publikasi video.

Gunakan laporan untuk mengetahui hal apa saja yang berhasil

  • Anda dapat menggunakan tab Jangkauan di YouTube Analytics untuk melihat asal penayangan.
  • Asal traffic: Ketahui dari mana pengguna menemukan konten Anda.
  • Tayangan dan pengaruhnya pada waktu tonton: Lihat bagaimana tayangan thumbnail menjadi penayangan di video dan berkontribusi pada waktu tonton Anda.
Gunakan tab Interaksi di YouTube Analytics untuk melihat video yang berhasil membuat penonton tetap menonton:
  • Video teratas: Ketahui video mana yang memiliki waktu tonton paling banyak.
  • Rata-rata durasi tonton: Lihat berapa lama penonton tetap berinteraksi dan menonton setiap video.

Pahami penemuan untuk video Anda yang “Dibuat untuk Anak-Anak”

Sistem penelusuran dan penemuan YouTube bertujuan untuk membantu penonton menemukan video yang ingin ditonton dan menghubungkan pengguna dengan konten yang mereka sukai, termasuk konten yang dikelompokkan sebagai Dibuat untuk Anak-Anak. Kami berupaya memberikan konten yang menarik bagi pengguna dan menghadirkan pengalaman menonton yang berkualitas di YouTube. Video yang ditetapkan sebagai Dibuat untuk Anak-Anak lebih mungkin direkomendasikan bersama video anak-anak lainnya. Untuk memastikan bahwa konten Anda menjangkau penonton yang tepat, Anda harus mengelompokkan konten secara akurat sebagai Dibuat untuk Anak-Anak atau Tidak Dibuat untuk Anak-Anak.


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search