-->

Memahami Fakta dan Opini

- 14.00

Hallo sobat asripedia salam semangat untuk kita semua.

Sobat pasti telah mendengar persyaratan tentang fakta dan opini. Dalam kehidupan sehari-hari, kedua istilah ini sering menjadi referensi untuk menilai sebenarnya atau tidak adanya tertulis atau disebarluaskan baru. Dalam semua percakapan sehari-hari, kedua bentuk ini sering ditemukan dari pernyataan seseorang atau teman-teman itu sendiri.

Fakta dan opini yang baik akan dengan mudah menjadi teman dalam kalimat. Lalu, bagaimana saya bisa menentukan bahwa kalimat atau pernyataan ini adalah pendapat atau fakta? Tentu saja, pertama, sobat harus memahami sebelum pemahaman dan karakteristik fakta dan opini.



Memahami fakta dan Opini


Fakta adalah pernyataan yang menampilkan situasi nyata suatu masalah atau insiden. Untuk alasan ini, kita dapat mengatakan bahwa kebenaran fakta telah diuji. Bahkan, tidak ada lagi pendapat antara satu atau lebih orang. Hanya ada situasi nyata yang telah terbukti dan diverifikasi.


Sementara itu, banyak pendapat menyarankan dalam arti opini. Salah satunya adalah Leonardo W. Dood Via Sufirat (2004) yang menyatakan bahwa, opini itu adalah sikap atau pendapat seseorang dalam bisnis atau situasi sepanjang masa dan sedang berlangsung. Pendapat antara seseorang dengan orang lain cenderung tidak identik karena dipengaruhi oleh mentalitas, pengetahuan dan lingkungan untuk menanggapi situasi atau pertanyaan.


Karakteristik Fakta


Fakta dan opini memiliki karakteristik sendiri yang saling terhormat. Berikut adalah karakteristik keduanya yang dapat dilihat dari kalimat.


  • Memiliki data yang akurat


Bahkan, teman-teman cenderung menemukan data yang jelas pada suatu peristiwa. Dalam kalimat, data dapat berupa angka statistik, tanggal dan waktu peristiwa, serta hal-hal lain yang telah diverifikasi.


  • Tujuan/Bersifat Objektif

Tujuan yang dicari oleh fakta adalah bahwa pernyataan yang terkandung di dalamnya adalah umum dan telah diakui oleh banyak pihak, khususnya oleh badan atau lembaga resmi.

 

  • Benar-benar terjadi

Sebuah kalimat dapat dianggap sebagai fakta jika deklarasi menggambarkan situasi yang benar-benar terjadi. Ini benar-benar terjadi berarti bahwa Anda dapat melihatnya dengan mata kepala sendiri atau mendengar laporan pihak berwenang.

Karakteristik Opini


  • Berisi pendapat pribadi atau orang lain


Nama pendapat berarti bahwa dalam kalimat Anda akan menemukan pendapat tentang diri mereka sendiri atau orang lain. Dalam beberapa kasus, hukuman pendapat ditemukan oleh pernyataan oleh orang terkenal, jadi dia terkesan sebagai fakta yang terkesan. Bahkan, kata-kata orang tersebut masih terbatas pada pendapat yang tidak dapat dibuktikan.


  • Subjektif

Hampir hal yang sama dengan karakteristik pertama, karakteristik kedua dari pendapat kalimat adalah pernyataan yang disajikan di dapur cenderung subyektif. Artinya, hal-hal yang diusulkan hanya menurut suatu pihak sehingga mereka tidak dapat dikatakan netral.


  • Bersifat relatif

Menurut kalimat opini, Anda akan cenderung menemukan kata-kata relatif. Apa yang seharusnya menjadi relatif di sini adalah kata atau frasa cenderung berubah tergantung pada siapa yang mengatakannya. Kata-kata yang menyertakan relatif, di antara mereka yang paling, lebih, sedikit atau biasanya.

 Demikian sobat asripedia semoga bermanfaat...


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search